Minggu, 24 Juni 2012

tugas pengetahuan lingkunggan


1.      Tujuan untuk belajar pengetahuan lingkungan?
Lingkungan adalah jumlah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam ruang yang kita tempati. Segala yang ada pada lingkungan dapat di manfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia karena lingkungan memiliki daya dukung. Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di muka bumi.kita belajar pengetahuan lingkungan bertujuan untuk dapat mengenal dan mengetahui cara memanfaatkan lingkungan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2.      Apa pentingnya keanekaragaman hayati?
keanekaragaman hayati secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya.  Keanekaragaman hayati sangat penting untuk kita pelajari karena dengan mengetahui hayati tersebut sangat membantu atau mempermudah kehidupan manusia.
3. Sebut dan jelaskan 3 faktor penyebab kerusakan lingkungan yang merugikan?
a. pemanasan gelobal
Akibat pemanasan global menyebabkan terjadinya perubahan pada pola iklim yg akhirnya merubah pola curah hujan, makanya jngan heran kalau sewaktu-waktu hujan bisa sangat tinggi intensitasnya dan kadang sangat rendah.
b) Pencemaran Tanah
        Tanah merupakan sumber daya alam (SDA) yang mendukung pertumbuhan tanaman. Ketersediaan zat organik, anorganik, serta mikroorganisme akan menentukan kesuburan tanah. Tanah dapat tercemar dan kehilangan kesuburannya oleh bahan-bahan pencemar (polutan), seperti insektisida, fungisida, herbisida, penggunaan pupuk yang berlebihan, dan limbah industri. Pencemaran tanah juga dapat disebabkan oleh limbah yang tidak dapat menjadi tanah secara singkat, seperti plastik, kaca, dan styrofoam.
c) Pencemaran udara
Adanya zat pencemar ke udara menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normal dan berpengaruh jelek terhadap semua makhluk hidup. Pada dasarnya ada 2 macam pencemaran udara, yaitu sebagai berikut.
(1) Berasal dari alam,
(2) Akibat kegiatan manusia

4.Bagaimana upaya mengatasi kebutuhan SDA yang menurun derastis yang tidak seimbang dengan pertambahan populasi?
Pada zaman sekarang ini,kebutuhan akan sumber daya alam yang semakin meningkat drastis yang tidak seimbang dengan pertambahan pupulasi. Sebenarnya alam cukup mendukung kehidupan manusia akan tetapi manusia itu sendiri yang merusak alam. Oleh karena itu yang perlu kita ubah adalah cara berpikir manusianya tentang menjaga dan melestarikan alam. Selain itu untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan ini kita dapat mengatasinya dengan memperluas lahan pertanian dan juga dengan program keluarga berencana.
5. Jelaskan keterkaitan vegetasi dengan pencemaran lingkungan?
Secara umum pengaruh pencemaran terhadap tumbuh-tumbuhan adalah karena akumulasi bahan pencemaran yang bersifat racun (phytotoxin) bagi tumbuhan. Bahan pencemar masuk ke dalam jaringan atau organ tumbuhan melalui sistem jaringan vaskuler sampai ke ujung tepi daun atau pucuk dan terakumulasi di berbagai lokasi. Jika polutan tersebut  telah melampaui batas ambang konsentrasi baru kemudian akan berpengarah terhadap jaringan atau organ tertentu, atau terhadap tumbuhan secara keseluruhan. Tumbuhan yang terkena pencemaran akan memperlihatkan penampilan, seperti: tumbuh kerdil dan meranggas, bentuk daun yang tidak normal, absisi daun lebih cepat, perubahan atau kerusakan daun yang mengalami klorosis, nekrosis, layu, bercak-bercak pulih atau coklat dan ujung atau di tepi daun seperti terbakar serta proses pembungaan dan pembuahan yang terhambat.
6. Apa pendapat anda tentang bayi tabung,setuju atau tidak? Dilihat dari segi agama dan iptek!
Dalam segi agama saya tidak setuju dengan adanya bayi tabung karena itu diharamkan,lebih baik mengangkat anak yatim dari pada menggunakan bayi tabung. Tetapi dalam segi IPTEK saya sangat setuju karena dengan adanya bayi tabung itu merupakan suatu solusi bagi keluarga yang tidak mempunyai keturunan(mandul)
7. Mengapa ekologi merupakan dasar pengetahuan lingkungan?
Kata ekologi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti habitat atau tempat tinggal, dan logos yang berarti ilmu atau kajian. Secara umum ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi anatara makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam ilmu lingkungan seperti halnya ekologi , mahluk hidup (organime), di pelajari dalam unit populasi. Ekologi merupakan dasar pengetahuan lingkungan karena semua bagian-bagian tentang ekologi merupakan pengetahuan lingkungan.
8. Jelaskan untung dan ruginya menjaga kebersihan lingkungan?
Dengan menjaga kebersihan lingkungan,kita tidak akan merasa rugi, kita akan selalu untung karena apabila lingkungan kita tetap bersih maka hidup kita juga akan bersih dan hati kita akan tetap tenang sesuai dengan kalimat “kebersihan itu setengah dari iman”. Selain itu juga kita terhindar dari penyakit dan bencana alam seperti banjir,tanah longsor dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar