1. Ilmu pengetahuan alam (IPA) dan
teknologi tidak ada hubungannya satu sama lain. (Hubungan antara ilmu
pengetahuan alam dan teknologi).
2. Teknologi mendapat ide dari ilmu
pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan alam (IPA) mendapat proses baru dan
instrumen dari teknologi.
3. Dalam rangka meningkatkan kualitas
hidup, akan lebih baik untuk menginvestasikan uang pada penelitian teknologi
daripada penelitian ilmiah. (Ilmu pengetahuan, teknologi dan kualitas hidup).
4. Meskipun kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup di seluruh dunia, ilmu
pengetahuan alam (IPA) dan teknologi juga ikut berperan dalam memecahkan
permasalah sosial seperti kemiskinan, kriminalitas, pengangguran, over populasi
dan ancaman perang nuklir. (Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah sosial).
5. Para ilmuwan dan ahli teknologi
seharusnya diberi kewenangan untuk memutuskan jenis energi apa akan digunakan
di masa depan (misalnya nuklir, air, tenaga surya, batu bara, dll), karena para
ilmuwan dan ahli teknologi adalah orang yang mengetahui fakta terbaik. (Sosok teknokratis dan demokratis pengambilan
keputusan).
6. Pemerintah seharusnya memberikan dana
penelitian hanya kepada ilmuwan yang dapat menunjukkan bahwa penelitian mereka
akan meningkatkan kualitas hidup saat ini. (Misi
yang berorientasi perspektif).
7. Pemerintah seharusnya memberikan dana
penelitian untuk kegiatan eksplorasi sumber daya alam yang tidak diketahui dan
alam semesta.
8. Masyarakat atau lembaga pemerintah
tidak seharusnya memberitahu para ilmuwan tentang masalah apa untuk diselidiki,
karena para ilmuwan sendiri adalah pembuat keputusan terbaik dari apa yang
perlu diselidiki. (Peran pemerintah dan masyarakat dalam pemilihan masalah
penelitian).
9. Ilmu pengetahuan akan lebih efisien jika pemerintah
kita lebih teliti dalam mengontrolnya.
10. Ilmu pengetahuan akan lebih efisien jika itu
independen dari pengaruh geverment.
11. Iklim politik memiliki pengaruh yang kecil terhadap
para ilmuwan karena mereka cukup banyak terisolasi dari masyarakat. (Efek dari
iklim politik pada ilmuwan).
KLASIFIKASI 11 SOAL MENJADI BEBERAPA SOAL. KLASIFIKASI
DIDASARKAN PADA KESAMAAN MAKSUD SOAL.
1. Bagaimana pandangan
siswa mengenai keterkaitan IPA dan teknologi? (1dan2).
2. Bagaiamanakah pandangan
siswa mengenai pengaruh pemerintah terhadap kemajuan IPA? (9dan10).
3. Bagaimanakah pandangan
siswa mengenai efek dari iklim politik terhadap para ilmuan? (11).
4. Bagaimanakah pandangan
siswa mengenai peran ipa dan teknoligi dalam mengatasi permasalahan sosial?( )
5. Bagaimanakah pandangan
siswa mengenai kewenangan para ilmuan dan ahli teknoilogi dalam menentukan
energi di masa depan?( )
6. Bagaimanakah pandangan
siswa mengenai dana penelitian yang di
berikan pemerintah hanya kepada ilmuan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup
dan bagaimana pula mengenai dana penelitian eksplorasi sumber daya alam yang
tipdak di ketahui?( 6dan7 )
8. Bagaimanakah pandangan
siswa mengenai peran pemerintah dan masyarakat terhadap para ilmuan dalam
menentukan masalah penelitian?
9. Bagaimanakah pandangan
siswa tentang pengaruh pemerintah terhadap kemajuan IPA?(9dan10)
11.Bagaimanakah
pandangan siswa mengenai efek dan iklim politik terhadap para ilmuan
TUJUAN PERMASALAHAN
1. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai keterkaitan sains dan biologi
2. Untu kmengetahui
pandangan siswa mengenai pengaruh pemerintah terhadap kemajuan IPA
3. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai efek dari iklim politik terhadap para ilmuan
4. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai peran ipa dan teknoligi dalam mengatasi permasalahan
sosial
5. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai kewenangan para ilmuan dan ahli teknoilogi dalam
menentukan energi di masa depan
6. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai dana penelitian
yang di berikan pemerintah hanya kepada ilmuan dalam rangka meningkatkan
kualitas hidup dan bagaimana pula mengenai dana penelitian eksplorasi sumber
daya alam yang tipdak di ketahui?( 6dan7 )
8. Untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai peran pemerintah dan masyarakat terhadap para ilmuan
dalam menentukan masalah penelitian
9. Untuk mengetahui
pandangan siswa tentang pengaruh pemerintah terhadap kemajuan pemerintah
(9dan10)
11. untuk mengetahui
pandangan siswa mengenai efek dan iklim politik terhadap para ilmuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar