pandangan siswa tentang sains
A.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana pandangan siswa tentang Sains?
2. Kesan apa yang ditujunkkan oleh siswa terkait ilmuwan?
3. Bagaimana siswa membandingkan antara teknologi dengan Sains?
4. Apakah masyarakat berpengaruh terhadap teknologi dan apakah
teknologi juga berpengaruh bagi masyarakat?
B.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pandangan siswa tentang hubungan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi.
C.
DESKRIPSI DATA
Ilmu pengetahuan dan
teknologi memang saling berkaitan. Teknologi ada dan dapat dikembangkan karena
ilmu pengetahuan dan begitu juga sebaliknya ilmu pengetahuan dapat berkembang
jika dibantu oleh suatu teknologi yang canggih yang dapat mendukung
berkembangnya ilmu pengetahuan tersebut. Oleh karena itu kami melakukan
penelitian di SMA Muhammadiyah Mataram dengan tujuan untuk mngetahui bagaimana
pendapat siswa – siswi SMA Muhammdiyyah Mataram
tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi
Dari empat belas butir
pernyataan tentang hubungan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi terhadap 16 siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah
Mataram maka diperoleh hasil bahwa 64,2% memiliki pandangan positif terhadap
ilmu pengetahuan dan teknologi atau setuju bahwa antara ilmu pengetahuan dan
teknologi memiliki kaitan satu sama lain. Sedangkan persentase siswa yangtidak
setuju akan adanya hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi atau memiliki
pandangan negatif antara hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu sebanyak
21,4%. Dan persentase bagi siswa yang tidak tahu mengenai kaitan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi yaitu sebanyak 14,28%. Data yang kami dapatkan lebih
jelasnya akan termuat dalam tabel berikut :
Pandangan terhadap ilmu
pengetahuan dan teknologi
|
Penilaian
|
Jumlah persentase(%)
|
Setuju, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saling
berhubungan
|
Memberikan pandangan positif terhadap ilmu
pengetahuan dan teknologi(+)
|
64,2%
|
Tidak setuju, bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saling
berhubungan
|
Memberi
pandangan negatif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi(-)
|
21.5%
|
Tidak tahu, bahwa ilmu pengetahuan saling berhubungan
|
Tidak mengetahui tentang hubungan ilmu
pengetahuan dan teknologi
|
14.8%
|
D.
KESIMPULAN
Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa sebagian besar siswa – siswi SMA Muhammadiyah Mataram telah
memiliki pandangan positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi artinya
mereka setuju bahwa ada hubungan yang erat antara ilmu pengetahuan dan
teknologi dan keduanya dapat saling mempengaruhi.
HASIL
PENELITIAN SEMENTARA
Tujuan
Penelitian : Mengetahui pandangan siswa tentang hubungan antara ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Hari, tanggal penelitian : Selasa,
Tempat Penelitian : SMA Muhammadiyah Mataram
Sasaran :
Siswa – siswi kelas X dan XI SMA Muhammadiyah Mataram
Metode :
Angket
NO
|
Responden
|
Setuju(%)
|
Tidak
Setuju(%)
|
Tidak
Tahu(%)
|
1.
|
Ilmu dan teknologi tidak ada hubungannya
satu sama lain.(Hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi)
|
|||
2.
|
Teknologi mendapat ide dari ilmu
pengetahuan dan ilmu pengetahuan akan mengalami proses baru dan instrumen
dari teknologi.
|
|||
3.
|
Dalam rangka meningkatkan kualitas
hidup, akan lebih baik untuk menginvestasikan uang dalam penelitian teknologi
daripada penelitian ilmiah. (Ilmu
Pengetahuan, teknologi dan kualitas hidup)
|
|||
4.
|
Meskipun kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi dapat meningkatkan kondisi kehidupan di seluruh dunia, ilmu
pengetahuan dan teknologi sedikit membantu dalam menyelesaikan masalah sosial
seperti kemiskinan, kejahatan, pengangguran, pertumbuhan penduduk, dan ancaman perang nuklir.(Ilmu
pengetahuan, teknologi dan masalah
sosial)
|
|||
5.
|
Para ilmuwan dan insinyur harus
diberikan kewenangan untuk memutuskan apa jenis energi yang akan digunakan di
masa depan (misalnya nuklir, air, surya, batu bara , dll) karena para ilmuwan
dan insinyur adalah orang-orang yang
mengetahui fakta dengan baik. (Keputusan
teknokratis dan demokratis - membuat postur)
|
|||
6.
|
Pemerintah harus memberikan uang
penelitian kepada para ilmuwan hanya jika para ilmuwan dapat menunjukkan
bahwa penelitian mereka akan meningkatkan kualitas hidup saat ini (Misi –
orientasi perspektif).
|
|||
7.
|
Pemerintah harus memberikan uang
penelitian kepada para ilmuwan untuk mengeksplorasi sumber daya alam dan alam semesta yang belum
diketahui.(Perspektif ilmu dasar-dasar)
|
|||
8.
|
Masyarakat atau lembaga pemerintah tidak
harus memberitahu para ilmuwan apa masalah yang harus diselidiki, karena para
ilmuwan sendiri adalah hakim terbaik atau mengetahui apa yang perlu
diselidiki. (Peran pemerintah
dan masyarakat dalam pemilihan masalah penelitian)
|
|||
9.
|
Ilmu akan maju lebih efisien jika
pemerintah kita lebih ketat mengontrol perkembangan ilmu pengetahuan. (Kontrol Pemerintah penelitian)
|
|||
10.
|
Ilmu akan maju ,lebih efisien jika ilmu
itu independen/mandiri dari pengaruh pemerintah.
|
|||
11.
|
Iklim politik memiliki pengaruh yang
kecil pada para ilmuwan karena mereka cukup banyak terisolasi dari
masyarakat.(Pengaruh iklim politik pada para ilmuwan)
|
|||
12.
|
Ilmu dan teknologi menjadi pengaruh yang
cukup besar bagi penurunan kualitas perilaku masyarakat seperti kebudayaan
dan agama (Pengaruh ilmu dengan kebudayaan dan agama)
|
|||
13.
|
Ilmun dan teknologi akan berkembang
dengan pesat jika tanpa ada campur tangan pemerintah
|
|||
14.
|
Dalam melawan
ancaman kesehatan masyarakat, diagnosis dini penyakit menular sangat
penting. Dan di
daerah miskin dan terpencil di dunia di mana alat-alat medis konvensional
seperti mikroskop dan tes diagnosis dengan cepat tidak tersedia. Imu dan
teknologi menawarkan sebuah handphone
pendeteksi penyakit. (Dampak perkembangan ilmu dan teknologi bagi kesehatan
masyarakat)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar