Minggu, 03 Juni 2012

tips mendapatkan IP tinggi

tips mendapatkan IP tinggi


cara untuk mendapatkan IP Tinggi
ada 18  cara yang akan dibahas dalam tulisan disini
dianataranya:

1. LANGKAH AWAL


Awal semester 1, udah langsung start serius belajar!  (poin utama)
soalnya semester 1 ini adalah jadi modal IPK kamu buat dirata-rata ama IPK di semester depan.
kemudian banyak yang engga sadar kalo IPK di semester 1 itu menentukan mental seseorang
untuk berhasil / tidak.
Ingat kalimat ini kawan? " A journey of thousand miles begins with a single step"
So, kalau langkah pertama udah bener, maka di dalam diri kita udah dicap sebagai orang sukses.
Ini udah kebukti ama temen-temen aku... yang IPK nya 3,50++ pasti seneng banget,
terus lebih serius kuliah karena sayang kalo IPK bagus bagus jadi jelek di semester depan.
Kemudian temen-temen yang IPK nya <3,00 atau 2,00 udah nyerah gitu aja
(PADAHAL MASIH SEMESTER 1 !)
soalnya dipikiran mereka gini.... "Ah, ngapain kuliah, dapet IPK 4,00 pun dirata-rata juga dapet 3,00"
nah,,,, ini pemikiran yang salah.... walaupun nanti / sekarang IPK kamu jelek,
kamu gak boleh berpikiran gitu.... coz dengan IPK 3.00 lebih baik kan daripada 2.00???
Ayo gak boleh nyerah!


2. LANGKAH KEDUA

Rajin-rajinlah belajar, dan JANGAN MENYERAH!
ingat poin penting lagi ini untuk jangan pernah berhenti menyerah + jangan malas
kalo kita udah menghadirkan rasa malas dan menyerah di dalam hati kita,
maka udah mimpi aja deh kamu buat dapet IPK 3,00 apalagi 4,00
Belajarlah yang giat, diiringi doa, rajin-rajin latihan soal, banyak membaca,
dan sering sering diskusi.

3. LANGKAH KETIGA

Usahakan pahami karakter dosen kamu, karena tiap-tiap dosen
 memiliki karakter yang berbeda-beda dalam menilai mahasiswanya.
Ini perlu strategi khusus kawan, kamu bisa paham karakter dosen dengan
sering bertanya ke kakak kelas, atau kamu sering-sering deketin tuh dosen.

4. LANGKAH KEEMPAT

Kalau ada kelebihan SKS, perbaiki nilai mata kuliah yang kurang,
atau kamu bisa ikut Semester Pendek (tapi jangan sering-sering pake cara ini)

5. LANGKAH KELIMA
Rajin Ibadah, karena sesungguhnya manusia hanya bisa berencana,
Tuhan yang menentukan
 .
6. LANGKAH KEENAM
Deketin kakak kelas kamu, pinjam soal-soal tahun lalu,
cari poin-poin penting dan materi referensi lain,
Kalaupun soal beda, tapi soal engga bakal jauh-jauh dari tahun kemarin

7. LANGKAH KETUJUH
Sebelum materi kuliah dimulai, usahakan kita sudah membaca terlebih dahulu,
bab-bab apa yang akan dibahas besok.

8. LANGKAH KEDELAPAN
Catat hal hal penting yang diomongin dosen,
karen biasanya kalau sudah ulangan mendadak,
materi referensi banyak yang bukan berasal dari buku, namun dari penjelasan dosen.
Ini bertujuan untuk menguji mahasiswa mana yang aktif mendengarkan dan tidak
.
9. LANGKAH KESEMBILAN
Duduklah selalu di bangku paling depan,
selain untuk menghindarkan kamu dari godaan bermain sendiri,
duduk di posisi depan bagi dosen menandakan dia mahasiswa yang pintar
duduk di depan juga lebih mudah paham dan lebih detail mencatat materi dari dosen

10. LANGKAH KESEPULUH

Tanyakan segala hal yang tidak kita ketahui, karena sesungguhnya
Kita membayar kuliah juga membayar dosen.
dan kita memiliki hak untuk bertanya sampai kita jelas.
Rugi dong kalo kita kuliah tapi gak dapet apa apa karena nggak paham?

11 LANGKAH KESEBELAS
Ketika memasuki masa istirahat/ liburan setelah semester,
usahakan sudah siap materi apa saja yang kira kira dibahas di semester depan.
sehingga pas kita masuk jadi lebih mudah memprediksi belajar kita
.
12. LANGKAH KEDUABELAS
Periksa Kelengkapan bolpoin, pensil, penghapus, dll
karena ada dosen yang memiliki karekter tertentu,
kita harus siap sedia alat tulis, jika tidak maka tidak boleh ikut kuliah.
Ketinggalan bolpoin juga mengakibatkan kita engga konsen kuliah,
karena harus meminjam pada teman kita yang lain.

13. LANGKAH KETIGABELAS

Sebelum berangakat kuliah, MAKAN TERLEBIH DAHULU!
ini kadang yang dilupakan sebagian besar mahasiswa kita.
Menurut penelitian, suplai makanan dengan sarapan yang teratur,
membantu kita dalam mensupport jumlah cadangan energi ke otak kita.
Oleh karena itu, buat kamu kamu yang seing mengabaikan sarapan
berhenti deh! kasian otak kamu kerja keras tapi gak dikasih makan,
ibarat Mobil Sport mewah yang canggih tapi diisi bensin + oli sedikit
maka hasilnya gak maksimal

14. LANGKAH KEEMPATBELAS


Khusus untuk pelajaran eksakta (atau keahlian logika)
Harus sering dilatih setiap hari.
Kamu bakal kuwalahan kalo gak sering sering latihan,
soalnya yang namanya program studi eksakta menuntut otak kita
untuk tetap stabil dalam mengasah logika,
jadi usahaiin kamu minimal sehari latihan soal-soal dan tes logika.

15. LANGKAH KELIMABELAS

Jalani semua pelajaran dengan perasaan senang.
caranya adalah dengan sebisa mungkin membuat kondisi senanga itu sendiri,
karena jika dalam kondisi tertekan / terlalu fokus ingin IPK 4,00
maka justru akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri.
bagaikan dipenjara dalam sebuah penekanan jadwal kuliah.

16. LANGKAH KEENAMBELAS

Jangan pernah terbuai dengan keadaan dan jangan pernah menghadirkan sifat sombong.
maksud disini adalah: Ketika kamu sudah merasa bahwa semua pelajaran pasti bisa,
kamu justu terbuai akan keadaan.
Hati-hatilah karena sekali lagi ini dapat menjadi bumerang bagi dirimu sendiri.
Tetaplah rendah hati dan belajar, jangan biarkan rasa sombong berkuasa atas dirimu sendiri.

17 LANGKAH KETUJUHBELAS

Jika ada dosen yang bilang " Iming - iming nilai bagus "
karena kamu aktif atau bisa menjawab satu pertanyaan pamungkas dan dapat nilai " A "
JANGAN TERLALU PERCAYA! dan ingat JANGAN LENGAH!
karena pada dasarnya nilai itu diperoleh bukan hanya dari keaktifan saja, namun
perbadingan antara nilai keaktifan , tugas, UTS, dan UAS.
Maksud dosen dengan berkata begitu adalah:
"Dengan kamu aktif atau dapat menjawab soal ini, pastinya kamu paham akan pelajaran tersebut.
Naja secara otomatis nilai ujianmu adalah 'A' karena kamu bisa dan layak
dan nilai ini bukan merupakan nilai 'kasih sayang' yang diberi.
Kamu juga seharusnya ikut ujian UTS dan UAS untuk menguji kembali kelayakan nilai 'A' kamu"


18. LANGKAH TERAKHIR

Pandai-pandailah kamu mengatur waktu,
karena banyak sekali mahasiswa yang engga bisa ngatur waktu
kadang sibuk dengan teman, tugas, atau ekstrakulikuler
sebaiknya kamu bikin plan table yang benar supaya waktu engga bentrok
Terakhir, Good Luck ya...
aku tunggu hasil IPK mu besok ! salam sukses! :-)

2 komentar:

  1. Sereeeemmm.. pengen banget cum laude tapi serem banget kayaknya. hiks :'(

    BalasHapus
  2. makasih banget sarannya gan,, :)

    BalasHapus